Situs Tempat Mencari Referensi Literatur

Sebuah karya tulis ilmiah sendiri biasanya tidak bisa dihindarkan dalam sebuah dunia pendidikan, pasti para dosen dan juga para mahasiswa pernah dituntut untuk dapat membuat sebuah karya tulis ilmiah, jurnal dan beberapa penelitian lainnya. Tentu saja hal tersebut harus dilakukan dengan referensi yang ilmiah pula. Dan biasanya kebanyakan dari orang-orang masih bingung, dimana nantinya mereka mencari berbagai referensi, Anda tidak perlu khawatir karna dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa situs referensi literatur yang dapat memudahkan anda mencari berbagai sumber ilmiah.

Situs Tempat Mencari Referensi Literatur

Biasanya hasil dari Wikipedia dan juga sekedar googling tidak bisa anda andalkan sepenuhnya. Dengan asal comot dari berbagai sumber pun nantinya malah akan membuat karya ilmiah anda malah jadi tidak valid seperti bagaimana yang anda inginkan. Nah, nantinya agar esai, skripsi sampai dengan tesis anda dapat cepat selesai, dan anda bisa mendapatkan berbagai data ilmiah yang diharapkan, berikut ini beberapa situs sumber referensi literatur ilmiah dari dalam negeri.

Beberapa situs dari penyedia jasa jurnal internasional memiliki akses yang berbayar, meskipun begitu situs yang berbayar ini nantinya akan memberikan nilai lebih terutama pada jumlah akses jurnal yang nantinya bisa unlimited daripada yang anda dapatkan secara gratis.

1. E-resources.perpusnas.go.ig

Situs web Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau (PNRI) ini sudah menjadi salah satu situs langganan akademisi untuk berburu berbagai macam jenis jurnal. Untuk cara masuknya, anda nantinya hanya harus menjadi anggota perpus secara online agar anda bisa mengakses dimanapun.

2. LIPI.go.id

Ini salah satu dari referensi untuk anda yang sering pungging membaca jurnal Bahasa Inggris. LIPI atau kepanjangan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia merupakan sebuah lembaga pemerintah non kementerian tapi koordinatornya adalah Kemenristekdikti. Hampir semua jurnal yang ada di dalamnya dapat anda unduh secara gratis dan berbahasa Indonesia.

3. ijern.com

International Journal of Education and Research mereview adalah sebuah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications). Situs yang satu ini adalah sebuah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan juga mahasiswa dari berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai sumber yang terpercaya.

4. doaj.org

Direktori khusus untuk jurnal yang berstatus open access, menyediakan berbagai macam fasilitas pencarian link menuju berbagai laman jurnal internasional gratis. Nantinya anda tinggal mengetik saja jurnal yang ingin anda cara, situs ini akan membuat memberikan jurnal lewat data yang mereka miliki.

5. sciencedirect

Situs selanjutnya adalah sciencedirect situs yang satu ini adalah sebuah situs penyedia dari layanan artikel, jurnal dan juga buku. Meskipun situs ini ada juga yang berbayar, akan tetapi nantinya anda bisa mencari pada bagian open access yang akan menyediakan berbagai jurnal gratis nantinya untuk anda.

6. Researchgate.net

Ini adalah sebuah situs yang di gunakan sebagai tempat berkumpulnya sebuah komunitas online peneliti tempat berkumpulnya sebuah komunitas online, peneliti biasanya dapat mengupload jurnal atau dapat saling request jurnal tersebut secara gratis. Untuk mendaftar di dalam situs ini nantinya anda dapat menggunakan email ataupun juga istusis kampus anda. Anda nantinya bisa ke IPTIK atau ICT kampus masing-masing untuk meminta email student atau sebuah email khusus mahasiswa

7. Google Scholar

Seperti halnya mesin pencarian pada umumnya, hanya saja biasanya dikhususkan untuk sebuah jurnal ilmiah maupun juga sebuah skripsi. Nantinya anda tinggal mengetik scholar. google com dan kemudian cari sebuah kata kunci yang sesuai dengan yang anda inginkan. Berikut ini juga beberapa situs literatur ilmiah luar yang juga dapat menjadi salah satu referensi anda, beberapa situs tersebut di antaranya memang berbayar, namun anda tidak perlu khawatir karena yang gratis pun sudah sangat lengkap di gunakan

1. OAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ merupakan sebuah situs yang memuat direktori jurnal dan juga artikel ilmiah yang memiliki banyak akses terbuka atau yang dikenal dengan nama (open access) dari seluruh penjuru dunia. Diluncurkan yaitu pada tahun 2003 hingga saat ini tercatat yaitu lebih dari 11.000 jurnal dari 127 negara dan juga lebih dari 3 juta artikel tersimpan pada situs ini.

2. Microsoft Academic

Situs yang menawarkan berbagai akses pada jurnal ilmiah ini menyediakan berbagai macam data jurnal dengan bahasa Indonesia dan juga dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda nantinya dapat mengakses dengan menggunakan link academic.microsoft.com, dan kemudian mengetikkan kata kunci yang nantinya ingin dicari pada kotak yang telah disediakan.

Sistem pencarian yang terdapat di dalam situs jurnal ini nantinya akan dapat digunakan dengan berbagai macam kriteria untuk mengerucutkan pencarian seperti halnya “Date Range” untuk tahun terbit, “Author” untuk nama pengarang, “Affiliation” untuk sumber jurnal, yaitu “Field of Study” untuk subyek program studi Anda bisa ditulis dengan nama “Jurnal” untuk sumber jurnal sama seperti menu Affiliation.

3. Academia.edu

Situs ini sendiri sudah cukup terkenal dikalangan para akademisi seperti halnya mahasiswa, dosen, dan juga para peneliti. Situs ini umumnya dikenal juga dengan sebutan jejaring sosial. Yang biasanya di gunakan oleh para akademisi untuk berbagi hasil penelitian yang telah dilakukan.

Anda juga dapat mengikuti atau memfollow seseorang yang memiliki bidang penelitian yang sama dengan yang sedang Anda kerjakan dan juga menjadi media untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah selesai. Untuk mendapatkan sebuah jurnal pada situs ini Anda harus memiliki sebuah akun didalamnya dengan mendaftar dan kemudian melakukan sebuah sinkron dengan akun Google atau Facebook.

4. Research Gate

Hampir sama halnya dengan Academia, situs Researchgate ini merupakan sebuah platform media sosial untuk para peneliti karena didalamnya terdapat berbagai macam forum diskusi yang bisa melibatkan banyak peneliti yang ada dari seluruh dunia. Situs ini bisa digunakan untuk Anda yang memang mencari sebuah referensi jurnal yang sangat berguna pada jenjang pendidikan S1 dan juga S2. Tampilan website yang lebih ringan dari Academia, website ini juga berisikan jurnal publikasi yang memang tidak terlalu terbuka aksesnya. Beberapa publikasi nantinya juga akan membutuhkan izin dari pemiliknya jika akan digunakan.

5. Google Scholar

Situs yang juga sangat mudah untuk dapat diakses milik perusahaan Google ini menyediakan berbagai ratusan ribu jurnal ilmiah yang bisa diakses dengan berbagai macam format. Situs ini juga menyajikan berbagai macam paper, tesis, jurnal, artikel, electronic books (ebook), hingga literatur ilmiah lainnya secara gratis dan lengkap.

Demikian itulah beberapa rekomendasi situs literatur ilmiah yang dapat anda akses. Ada situs yang menyediakan berbagai jurnal dan juga situs global yang berisikan berbagai jurnal dari seluruh dunia yang lebih lengkap. Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda untuk melakukan sebuah penelitian ilmiah. Terimakasih.